Kilas Sejarah

Yayasan Karya Peduli Kita (Kapeta)

adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang didirikan melalui kepedulian sebuah komunitas yang terdiri dari psikolog, praktisi pendidikan dan para orang tua yang memiliki pengalaman dengan masalah Gangguan Penggunaan Zat di antara keluarga dan lingkungannya..

Kapeta memulai kegiatan sejak Juni 2002 melalui pertemuan dukungan untuk orang tua (Family Support Group) dan program terapi Gangguan Penggunaan Zat rawat jalan (Daycare), hingga  kemudian resmi didirikan dengan berbadan hukum Yayasan pada tanggal 24 Februari 2004.

Melalui berbagai program terkait penanggulangan masalah Gangguan Penggunaan Zat (NAPZA) dan HIV / AIDS, Yayasan Kapeta berusaha untuk dapat membantu pemulihan orang-orang dengan masalah Gangguan Penggunaan Zat untuk dapat kembali ke fungsi sosialnya di masyarakat dan memberikan dukungan sosio-psikologis bagi para ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) dalam menapaki kehidupannya.

Masih terbatasnya penyebaran informasi dan edukasi terkait masalah Gangguan Penggunaan Zat dan HIV / AIDS di Indonesia, menyebabkan keanekaragaman pemahaman dan sudut pandang masyarakat akan masalah tersebut. Hal ini seringkali berdampak dan menjadi beban tersendiri bagi orang-orang atau lingkungan dekat dari para penderita Gangguan Penggunaan Zat dan ODHA.

Apabila tidak ditanggulangi dengan baik, hal ini dapat menjadi stigma dan diskriminasi yang justru akan membuat masalah Gangguan Penggunaan Zat dan HIV / AIDS ini menjadi semakin rumit untuk ditanggulangi.

Untuk itu, Yayasan Kapeta juga mencoba mewujudkan kepeduliannya kepada para orang-orang dan masyarakat umum yang di dalam kehidupannya bersinggungan erat dengan penderita Gangguan Penggunaan Zat maupun ODHA. Dalam bentuk pemberian informasi, edukasi dan dukungan sosio-psikologis secara berkala. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pertemuan dukungan sebaya dan pertemuan dukungan keluarga, seminar, workshopoutbound maupun pelatihan, yang menjadi bagian dari pelayanan program untuk masyarakat umum (Public Program Services).

VISI

Berperan aktif dalam upaya membangun masyarakat yang sehat dan berdaya.

MISI

  • Memberikan layanan dan dukungan kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup

  • Membangun kesadaran dan lingkungan yang mendukung terhadap layanan

  • Kelola organisasi secara profesional dan berintegritas

TUJUAN

Mewujudkan kepedulian yang berkesinambungan sebagai wujud kepedulian kepada diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, dalam mengatasi masalah narkoba dan HIV-AIDS

  • Mencegah meningkatnya permasalah terkait penggunaan narkoba dan epidemi HIV-AIDS.

  • Membantu memberikan perawatan dan dukungan kepada para pengguna Narkoba dan ODHA.

  • Memberikan dukungan kepada keluarga dan lingkungan terkait lain dari para pengguna narkoba dan ODHA dalam pemulihan.

  • Memberikan dukungan orang dengan masalah narkoba dan ODHA di dalam pemulihan untuk dapat hidup mandiri dan berdaya. Membangun lingkungan kondusif untuk mendukung pencegahan dan penanggulangan masalah narkoba dan HIV / AIDS di masyarakat.

  • Menciptakan sebuah karya sebagai wujud kepedulian kepada diri, keluarga dan masyarakat secara luas akan penanggulangan masalah masalah narkoba dan HIV-AIDS di masyarakat.

NILAI ORGANISASI

Komitmen

Akuntabel

Persaudaraan

Empatik

Empatik

Amanah

STRUKTUR ORGANISASI

PENGALAMAN